KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Nama Sekolah : SLB Negeri Surakarta Satuan Pendidikan SDLB/C
Alamat : Jl. Cocak Sidorejo Mangkubumen Banjarsari Surakarta
Telp.( 0271 ) 727906.733715
A. PENDAHULUAN
Secara rasional Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan setiap satuan pendidikan untuk membuat kurikulum tingkat satuan pendidikan sebagai pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.
Disamping itu KTSP juga menetapkan manajemen berbasis sekolah yang mulai dilaksanakan sejak berlakunya otonomi daerah. Dengan demikian penyusunan KTSP memungkinkan adanya penyesuaian program pendidikan dengan potensi dan kebutuhan daerah.
B. VISI,MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi Sekolah :
Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, bertakwa
berprestasi, berbudi pekerti luhur dan mandiri sesuai dengan
kemampuannya.
2. Misi Sekolah :
a. Mendidik iman dan takwa
b. Melatih ketrampilan untuk bekal hidup di masyarakat
c. Melaksanakan pembinaan kesenian
d. Melaksanakan pembianan olah raga
.
3. Tujuan Sekolah ::
a. Untuk mencapai dan mewujudkan Visi dan Misi SDLB/C SLB Negeri Surakarta
b. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk
bekal hidup mandiri
c. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan belajar ke
jenjang pendidikan berikutnya
d. Terlaksananya program ketrampilan dan pelatihan
untuk bekal hidup di masyarakat
C. PENGERTIAN, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
1. Pengertian
Kerikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan, kalender pendidikan, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada satu dan/atau kelompok mata pelajaran /tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah perencanaan pembelajaran untuk satu kompetensi dasar atau lebih yang dibuat oleh guru merupakan aplikasi silabus yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian.
2. Struktur Kurikulum SDLB Tunagrahita Ringan
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | |||
I | II | III | IV- VI | |
A. Mata Pelajaran 1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 | 3 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 5 |
4. Matematika | 4 | 4 | 4 | 5 |
5. Ilmu Pengetahuna Sosial | - | - | 2 | 3 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 2 | 3 | 3 | 4 |
7. Seni Budaya dan Ketrampilan | 4 | 4 | 4 | 4 |
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 |
B. Muatan Lokal Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 |
C. Program Khusus Bina Diri | 2 | 2 | 2 | 2 |
D. Pengembangan Diri : Pembinaan rohani Olah raga. Drum Band, Dan Pramuka | 2*) | 2*) | 2*) | 2*) |
Jumlah | 28 | 29 | 30 | 34 |
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
3. Kegiatan di Luar Struktur Kurikulum :
a. Upacara Bendera/ Pembinaan Guru : 1 jam pelajaran
b. Tambahan Pelajaran : 2 Jam pelajaran (Ekstra K.)
4. Alokasi Waktu
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu |
1+5 | 6 | 6 | 6 | 4 +1 | 4 + 1 |
Keterangan :
a. Senin : 5 jam pelajaran + 1 jam pelajaran upacara bendera/ Pembinaan guru
b. Jumat : 4 jam pelajaran + 1 jam SKJ
c. Sabtu : 4 jam pelajaran + 1 jam Pengembangan diri
5. Pengaturan Jam Pelajaran :
Jam ke | Pukul |
1 | 07.30 – 08.00 |
2 | 08.00 – 08.30 |
3 | 08.30 - 09.00 |
| Istirahat 15 menit |
4 | 09.15 – 09.45 |
5 | 09.45 - 10.15 |
| Istirahat 15 menit |
6 | 10.30 - 11.00 |
7 | 11.00 - 11.35 |
6. Muatan Kurikulum :
Sejumlah mata pelajaran yang terdapat pada struktur kurikulum dikelompokkan dalam lima kelompok mata pelajaran sbagai berikut :
a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak muliamencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
b. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia
c. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Bertujuan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri
d. Kelompok mata pelajaran estetika
Bertujuan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan harmoni yang mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalamkehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
e. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Bertujuan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Muatan Lokal :
Muatan lokal yang akan dilaksanakan adalah Bahasa Jawa. Muatan lokal ini bertujuan untuk bisa melestarikan kebudayaan daerah yang memiliki konstribusi di dalam pembentukan kepribadian.
Program Khusus Bina Diri :
Program ini bertujuan agar anak dapat mengurus dirinya sendiri dan tidak bergantung pada orang lain atau menjadi beban bagi orang lain.
Pengembangan Diri :
Pengembangan diri yaitu kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan bakat, minat setiap siswa sesuai dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri difasilitasi/ dibimbing oleh guru SLB Negeri Surakarta yang meliputi : Pembinaan rohani, Pramuka, drumband dan olah raga.
Beban Belajar :
Beban belajar satuan pendidikan di SDLB/ C SLB Negeri Surakarta dilaksanakan dengan menggunakan sistem paket. Sistem paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program kegiatan. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar per minggu pada satuan pendidikan SDLB/C Negeri Surakarta adalah 28. 29, 30 dan 34 jam pelajaran termasuk kegiatan pengembangan diri. Penyelesaian beban belajar menggunakan sistem paket selama 6 tahun (bila tidak pernah tinggal kelas).
7. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Komponen | Aspek Penilaian | Kelas | Ket | |||||
I | II | III | IV | V | VI | | ||
A. Mata Pelajaran | | | | | | | | |
1. Pendidikan Agama | Pemahaman Konsep | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | |
Penerapan | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | Pemahaman Konsep | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | |
Penerapan | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
3. Bahasa Indonesia | Mendengarkan | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 65 | |
Berbicara | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 65 | | |
Membaca | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 65 | | |
Menulis | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 65 | | |
4. Matematika | Pemahaman Konsep | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | |
Penerapan & Komunikasi | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Pemecahan Masalah | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Rata-rata | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
5. Ilmu Pengetahuna Sosial | Pemahaman Konsep | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | |
Penerapan | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | Pemahaman Konsep | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | |
Kinerja Ilmiah | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Rata-rata | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
7. Seni Budaya dan Ketrampilan | Kreasi | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | |
Apresiasi | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
8. Pendidikan Jasmani Orkes | Permainan & Olahraga | 60 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | |
Uji diri/ Senam | 60 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Aktivitas Ritmik | 60 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Aquatik | 60 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
Rata-rata | 60 | 65 | 65 | 65 | 65 | 65 | | |
B. Muatan Lokal | | | | | | | | |
Bahasa Jawa | Mendengarkan | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | |
Berbicara | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Membaca | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Menulis | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
Rata-rata | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | | |
C. Program Khusus Bina Diri | | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | 60 | |
D.Pengembangan diri | Pembinaan rohani, OR, Pramuka dan Drum Band | Minimal Cukup | |
8. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Kreteria Acuan Kenaikan Kelas:
Dengan mempertimbangkan nilai raport semester genap, siswa dinyatakan naik kelas bila :
a. Nilai semua mata pelajaran memenuhi kriteria ketuntasan
b. minimal, boleh ada sejumlah mata pelajaran yang belum
c. memenuhi kreteria ketuntasan belajar maksimal 4 (empat)
d. Tidak ada nilai ≤ 50 setiap mata pelajaran
e. Nilai kepribadian minimal baik
f. Nilai pengembangan diri minimal cukup
Siswa dinyatakan mengulang di kelas yang sama bila :
a. Nilai yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar minimal l
lebih dari 4 ( empat )
b. Ada mata pelajaran yang nilainya ≤ 50
c. Nilai kepribadian kurang dari baik
d. Nilai pengembangan diri kurang dari cukup
Kreteria ketuntasan belajar minimal mata pelajaran diperoleh dari rata-rata pada setiap aspek mata pelajaran.
9. Kreteria Acuan Kelulusan
Siswa dinyatakan lulus bila :
a. Ujian Nasional
1) Memiliki rata-rata minimal 5,00 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan tidak ada nilai dibawah 4,25 atau
2) Memiliki nilai minimum 4,00 pada salah satu mata pelajaran, dengan nilai pada dua mata pelajaran lainnya masing-masing 6,00
b. Ujian Sekolah
Memiliki nilai rata-rata minimum 6,00
D. KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Juli 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 6 | 13 | 20 | 27 | | | | |
Senin | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 2 | 9 -11 | Workshop pembuatan adm. Guru |
Selasa | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 3 | 14 | Rapat pembagian tugas |
Rabu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 2 | 16- 18 | Hari-hari pertama masuk sekolah |
Kamis | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | 3 | 30 | Libur Isra’ Mi’raj |
Jumat | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 2 | | |
Sabtu | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 3 | HBE | 15 |
Agustus 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 3 | 10 | 17 | 24 | | | 17 | HUT Kemerdekaan RI |
Senin | | 4 | 11 | 18 | 25 | | 3 | 18 | Cuti bersama |
Selasa | | 5 | 12 | 19 | 26 | | 4 | | |
Rabu | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 4 | | |
Kamis | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 4 | | |
Jumat | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 5 | | |
Sabtu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 5 | HBE | 25 |
September 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 7 | 14 | 21 | 28 | | | | |
Senin | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 3 | 1,2,3 | Libur awal puasa |
Selasa | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 3 | 27,28 | Libur menjelang Idul Fitri |
Rabu | 3 | 10 | 17 | 24 | | | 3 | 29,30 | |
Kamis | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 4 | | |
Jumat | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 4 | | |
Sabtu | 6 | 13 | 20 | 27 | | | 5 | HBE | 22 |
Oktober 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 5 | 12 | 19 | 26 | | | | |
Senin | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 2 | 1-2 | Idul Fitri |
Selasa | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 2 | 3-8 | Cuti bersama |
Rabu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 2 | 13-18 | Ulangan Mid Semester Gasal |
Kamis | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 3 | | |
Jumat | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | 3 | 25 | Terima raport mid semester gasal |
Sabtu | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 1 | HBE | 13 |
Nopember 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 2 | 9 | 16 | 23 | | | | |
Senin | | 3 | 10 | 17 | 24 | | 4 | | |
Selasa | | 4 | 11 | 18 | 25 | | 4 | | |
Rabu | | 5 | 12 | 19 | 26 | | 4 | | |
Kamis | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 4 | | |
Jumat | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 4 | | |
Sabtu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 5 | HBE | 25 |
Desember 2008 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 7 | 14 | 21 | 28 | | | | |
Senin | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 3 | 8 | Idul Adha |
Selasa | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 5 | 24 | Cuti bersama |
Rabu | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | 4 | 25 | Hari Natal |
Kamis | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 3 | 26 | Cuti bersama |
Jumat | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 3 | 29 | Tahun Baru Hijriyah |
Sabtu | 6 | 13 | 20 | 27 | | | 4 | HBE | 22 |
Januari 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 4 | 11 | 18 | 25 | | | | |
Senin | | 5 | 12 | 19 | 26 | | 3 | 1 | Tahun Baru 2009 |
Selasa | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 3 | | |
Rabu | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 3 | | |
Kamis | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 3 | 5-10 | Ulangan semester gasal |
Jumat | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 4 | 24 | Terima raport |
Sabtu | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | 3 | HBE | 19 |
Pebruari 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | 1 | 8 | 15 | 22 | | | | | |
Senin | 2 | 9 | 16 | 23 | | | 4 | 5 | Perkiraan libur umum (imlek) |
Selasa | 3 | 10 | 17 | 24 | | | 4 | | |
Rabu | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 4 | | |
Kamis | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 3 | | |
Jumat | 6 | 13 | 20 | 27 | | | 4 | | |
Sabtu | 7 | 14 | 21 | 28 | | | 4 | HBE | 23 |
Maret 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | | | |
Senin | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 5 | 8 | Perkiraan libur umum (nyepi) |
Selasa | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | 4 | 24 | Perkiraan libur umum (maulud nabi) |
Rabu | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 4 | 9-28 | Ujian praktek |
Kamis | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 4 | | |
Jumat | 6 | 13 | 20 | 27 | | | 4 | | |
Sabtu | 7 | 14 | 21 | 28 | | | 4 | HBE | 25 |
April 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 5 | 12 | 19 | 26 | | | | |
Senin | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 2 | 20-24 | Ujian Nasional |
Selasa | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 2 | 27-29 | Ujian Sekolah |
Rabu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 2 | 1 | Perkiraan Libur Umum (wafatnya Isa Almasih) |
Kamis | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 4 | | |
Jumat | 3 | 10 | 17 | 24 | | | 3 | | |
Sabtu | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 4 | HBE | 17 |
Mei 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | | |
Senin | | 4 | 11 | 18 | 25 | | 4 | 6 | Perkir. Libur umum (kenaikan Isa Almasih) |
Selasa | | 5 | 12 | 19 | 26 | | 3 | 21 | Perkir. Libur Umum (Waisak) |
Rabu | | 6 | 13 | 20 | 27 | | 2 | 12-15 | Perkir.USDA UTAMA |
Kamis | | 7 | 14 | 21 | 28 | | 3 | | |
Jumat | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 4 | | |
Sabtu | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 5 | HBE | 21 |
Juni 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 7 | 14 | 21 | 28 | | | | |
Senin | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | 3 | 8-13 | Ulangan semester genap |
Selasa | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | 2 | 20 | Terima raport semester genap |
Rabu | 3 | 10 | 17 | 24 | | | 2 | 22-30 | Libur akhir semester genap |
Kamis | 4 | 11 | 18 | 25 | | | 2 | | |
Jumat | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 2 | | |
Sabtu | 6 | 13 | 20 | 27 | | | 1 | HBE | 13 |
Juli 2009 | JML HBE | Tgl. | Uraian Kegiatan | ||||||
Minggu | | 5 | 12 | 19 | 26 | | | 1-11 | Libur akhir semester genap |
Senin | | 6 | 13 | 20 | 27 | | | | |
Selasa | | 7 | 14 | 21 | 28 | | | | |
Rabu | 1 | 8 | 15 | 22 | 29 | | | | |
Kamis | 2 | 9 | 16 | 23 | 30 | | | | |
Jumat | 3 | 10 | 17 | 24 | 31 | | | | |
Sabtu | 4 | 11 | 18 | 25 | | | | | |
Hari Belajar Efektif ( HBE ) : Semester gasal 122 hari; semester genap 113 hari
E. PENUTUP
Tim penyusun KTSP SDLB Bagian C SLB Negeri Surakarta memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah selesai merancang kurikulum sekolah.
Semoga semua komponen sekolah tidak kesulitan untuk melaksanakan KTSP SDLB Bagian C SLB Negeri Surakarta mulai awal tahun pelajaran 2008/ 2009
Sumbang saran dari masyarakat kami harapkan demi lancarnya operasional sekolah.
SLB NEGERI SURAKARTA SATUAN PENDIDIKAN SDLB/C
Alamat : Jl. Cocak Sidorejo Mangkubumen Banjarsari Surakarta
Telp.( 0271 ) 727906.733715
KEPUTUSAN
KEPALA SLB NEGERI SURAKARTA
NOMOR :
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP )
SDLB/ C SLB NEGERI SURAKARTA
Kepala SLB Negeri Surakarta Satuan Pendidikan SDLB/C ,
Menimbang : Perlu segera disusun KTSP yang akan
dilaksanakan mulai tahun pelajaran 2008/2009
M e n e t a p k a n
Pertama : Mengangkat tim penyusun KTSP sebagaimana
tersebut dalam lampiran surat keputusan ini.
Kedua : Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan
keputusan ini dibebankan pada anggaran belanja
sekolah.
Ketiga : Segala sesuatu yang belum diatur dan apabila
terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan
diatur, ditinjau kembali dan dibetulkan
sebagaimana mestinya
Keempat : Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan.
Ditetapkan di : Surakarta
Pada tanggal : 7 Januari 2008
Kepala Sekolah,
Dra. Nina Martini
NIP. 130529962
Lampiran Keputusan Kepala SLB Negeri Surakarta Nomor :
Tentang Tim Penyusun KTSP SLB Negeri Surakarta Satuan Pendidikan SDLB/C
NO | NAMA/NIP | JABATAN | KEDUDUKAN DALAM TIM |
1 2 3 4 5 6 7 8 9. 10. 11. | Dra. Nina Martini NIP. 130529962 Drs. Abdullah NIP.131999657 Drs. Kasmanto NIP. 132280234 Daryanti, S.Pd NIP. 131612354 Dra. Heni Wijayati NIP. 132280236 Sri Sugiarti NIGB. 110100283 Siwi Handayani NIP. Sumarta,S.Pd NIP. Murdiyati NIP. Endang Ruspinuji NIP. 132253458 Suharjo NIGB. 040300001 | Kepala Sekolah Wakasek Kesiswaan Koordinator SDLB Guru Guru Guru Guru Guru Guru Guru Guru | Ketua/Penangung jawab Sekretaris Bendahara Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota Anggota |
Surakarta, 7 Januari 2008
Kepala,
Dra. Nina Martini
NIP. 130529962
KATA PENGANTAR
Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa, kami dapat menyelesaikan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SDLB Bagian C Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta. KTSP kami susun berdasarkan standar isi (Permendiknas No. 22 tahun 2006) dan Standar Kompentensi Lulusan ( SKL ).
Di dalam KTSP ini kami sertakan juga kalender pendidikan untuk tahun pelajaran 2008/2009, berikut hari – hari efektif dan yang tidak efektif, kegiatan Program Pengembangan Diri untuk SDLB/C Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta, serta Silabus yang sudah kami kembangkan.
Akhir kata kami mengucap terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan KTSP untuk SDLB/C SLB NEGERI Surakarta . Terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, yang telah menyelenggarakan sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Semoga KTSP ini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di SLB Negeri Surakarta khususnya, dan pendidikan masyarakat luas pada umumnya.
Tim Penyusun
iii
DAFTAR ISI
Halaman judul .............................................................. i
Halaman Pengesahan .................................................. ii
Kata Pengantar …………………………………………... iii
Daftar isi …………………………………………………… iv
A. PENDAHULUAN ……………………………………… 1
B. VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH ………………… 1
C. PENGERTIAN, STRUKTUR dan MUATAN KURIKULUM 2
D. KALENDER PENDIDIKAN ………………………………… 8
E. PENUTUP…………………………………………………….13
F. LAMPIRAN
Keputusan Kepala sekolah tentang Pembentukan Tim Penyusun KTSP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar